Jumat, 28 November 2014

Keindahan dana Wera kab. Bima NTB

Oi Nca......
INGIN berwisata dengan suasana berbeda, unik, menarik, eksotik, jawabannya hanya ada di Dana Wera (Kec. Wera) . Kota kecil di kepulauan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Desa Ntoke tepatnya,,,,,,,,,disini Sejumlah destinasi primadona ditawarkan ke wisatawan. Sayang lemahnya promosi dan publikasi, membuat destinasi WERA terpinggirkan, terlupakan dari peta pariwisata Indonesia. Padahal potensinya luar biasa.



Memang, pemandangan wisata air terjun ini sangat teduh, sejuk, indah dan menawan. Airnya yang jernih, mengalir begitu derasnya.

Juga di balik air terjun itu, ada dua buah goa yang tidak terlalu besar tetapi lumayan besar. keberadaan goa itu pun sampai sekarang menjadi sebuah misteri karena kurangnya   nasarumber..................

 Namun kondisi saat ini, panorama alam yang menawan dipadu dengan derasnya kucuran air sungai yang turun bebas dari ketinggian kurang lebih 30 meter, hanya menjadi sebuah tempat wisata desa yang dikarnakan kurang dan bahkan hampir tidak adanya promosi dan publikasi, membuat destinasi WERA terpinggirkan dan bahkan terlupakan.

Gua Alam
  Luar Biasa lantaran obyek wisata di Wera, tidak ditemukan di daerah lain apalagi di belahan dunia. Seperti GUBERMAS (Gua Alam Yang Berisi Masjid) tepatnya di Desa Oi Tui, Kecamatan Wera. Dengan kondisi geografis alamnya yang menantang berupa karang atoll, batuan karst, panorama alam yang masih hijau perawan., ternyata terdapat sebuah gua yang unik dan menarik.



KAROMBO WERA ini, menyimpan berbagai misteri peradaban kehidupan manusia zaman dulu, dulu kala. Bahkan kehidupan masa lalu, tergambar jelas di dalam dinding gua yang dihiasi berbagai relief lukisan tangan peninggalan purbakala motif perahu, bintang, orang menari, orang sedang berburu rusa,  gambar matahari, gambar pohon kelapa , gambar binatang ternak seperti sapi, kuda dan masih banyak gambar relief lainnya.


Tapi sayang Goresan-goresan itu sudah G orisinil lagi, karena kurang terawat dan terjaga.............. dan bahkan dirusak tangan-tangan jahil.
 Daya tarik lain di dalam gua, terdapat beberapa terowongan alami sepanjang yang panjangnya ..... gtahu dech....... soalnya takut ngukurnya.. hehehehehe............  Bahkan Didalamnya terdapat stalaktif bahkan tetesan air dari atap gua, yang menetes setiap detik sehingga menimbulkan bunyi dentingan air yang memukau. Warna langit-langit gua  juga khas,  agak kehitam-hitaman bekas mirip bekas perapian manusia purba, sementara dinding Gua berbentuk seperti 2 buah menara masjid,,,, sedangkan didepannya seperti terdapat
Mimbar Khatib....


 untuk lebih jelasnya....... datang aj dech lihat sendiri
soalnya masih banyak keindahan tersembunyi lainya...............................

Okey guyss..masih banyak lagi keindahan2 yang lain di dana wera.. so.. kalau ada kesempatan berkunjung ya ke dana Wera. 

1 komentar:

  1. Setella kami meneliti, ternyata di Karombo Wera sama sekali tidak ada lukisan yg disebut oleh penulis (Mutianingsih) dan kami ingin menanyakan tujuan apa beliau menulis berita hoax ini!!??

    BalasHapus